tentang CLO di Semester ini

CLO merupakan konsep penilaian kuantitatif yang menekankan pencapaian kompetensi. Pencapaian ini ditinjau dari seberapa banyak kompetensi-kompetensi mampu dikuasai. Sebagai contoh, misalnya seorang calon pemain bola wajib memiliki kompetensi [1] dribling, [2] tackling, [3] bola mati, ini hanya contoh lho ya. Pada kurikulum lama, si calon pemain bola akan dinilai berdasarkan latihan yang tidak membeda-bedakan kompetensi secara detail, beberapa tugas/penilaian mencampurkan beberapa kompetensi. Nah, dalam sistem kurikulum yang menganut konsep CLO, kelulusan si calon pemain bola dihitung berdasarkan sejauh mana ybs mampu menguasai masing-masing kompetensi.

OK, secara konsep saya setuju karena pada dasarnya Informatika/Ilmu Komputer merupakan mata kuliah yang didominasi penerapan praktik. Suatu mata kuliah kelulusannya harus bisa dibuktikan dengan kompetensi yang dimiliki oleh si mahasiswa. Hanya saja, saya terus terang menerapkan CLO di tengah jalannya semester ini merupakan hal yang, menurut pendapat saya, kurang tepat. Alasannya sederhana, menyela sistem yang sedang berjalan merupakan kebijakan yang sangat berisiko. Dan hal tersebut pada kenyataannya menimbulkan banyak pemangku kepentingan yang harus bergerak cepat untuk mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan yang terjadi.

Yang paling repot, sulit menentukan siapa yang paling repot karena semuanya 'panik' dengan perubahan drastis ini. Kaprodi serta Sekprodi perlu merumuskan konsep kebijakan yang mengakomodasi rencana penerapan CLO ini namun juga mengakomodasi realitas yang sudah terjadi sepanjang bergulirnya semester ini. Dosen pengajar, khususnya koordinator, tentu pusing karena harus menentukan formula terbaru terkait penentuan kelulusan mata kuliah. Mahasiswa, beban mental sudah sangat besar karena mereka sendiri 'keburu' panik dengan nilai mereka, bukan pada esensi CLO itu sendiri.

Sebagai bagian dari pelaksana kebijakan, saya tetap harus patuh dengan apa diinstruksikan. Saya mesti mengesampingkan pendapat pribadi saya tatkala bertugas menerapkan skema CLO di mata kuliah yang saya ampu. Orientasi saya haruslah bertugas sebaik-baiknya menjaga integritas prodi dengan mengupayakan penerapan CLO yang sesuai dengan arahan prodi serta koordinator matkul.

Ke depannya, saya berharap penerapan kebijakan baru/pengubahan kebijakan di tengah jalan dihindari.

No Response to "tentang CLO di Semester ini"