Paduan Masjid di Pattaya

Islam bukan hal terasing maupun mengasing di Pattaya. Hiruk pikuknya kota yang kadang diasosiasikan negatif pun tidak menyurutkan bagaimana denyut, malah dentum Islam di Pattaya. Berikut sejumlah potret masjid-masjid di Pattaya area Timur yang kebtulan tidak berjarak jauh satu sama lain.

Sebagaimana tercantum di isi foto, ini adalah Masjid Darul Ibadah

Dengan menggusung nama 'Darul Ibadah', tentu sebuah indikasi bahwa keberadaan masjid ini bukanlah sembunyi-sembunyi. Identitas Islam mampu dihadirkan tanpa ketakutan. Melihat ukuran menara yang menjulang, pun rasanya tidak salah mengambil hipotesis sederhana tersebut. Di kesempatan lain, saya sempat berkenalan dengan imam masjid ini, yaitu Mr. Faruq. Tidak banyak kami perbincangkan, namun saya menangkap siratan optimis bahwa masjid ini mampu menjadi pusat perkembangan sekaligus perlindungan keyakinan umat Islam.


Sebagaimana masjid-masjid di Pattaya, masjid ini pun berdampingan dengan sekolah ataupun madrasah. Hal ini menjadikan nafas Islam tidak sekedar ritual sholat, namun juga sinergis dengan pendidikan. Hanya saja kalau dicermati, fasilitas pendidikan ini hanya tersedia bagi pendidikan dasar. Saya belum menemukan yang madrasah/sekolah untuk sekolah menengah maupun tinggi dengan lokasi di samping masjid. Ohya, rekatnya lokasi juga mendorong masjid dapat digunakan sebagai tempat pendidikan, khususnya praktik membaca Al Qur'an. Sebagaimana di foto berikut yang momennya adalah persis saat mereka menyelesaikan sesi membaca Al Qur'an. Tentu secara tidak langsung menjadi penanaman kecintaan akan masjid juga.



Potret masjid Darul-Ibadah beserta madrasahnya

Alhamdulillah sore harinya saya berkesempatan jalan-jalan sore dengan tujuan sederhana, yaitu menyinggahi beberapa masjid di Pattaya. Di bawah ini merupakan cuplikan fotonya. Lokasinya tersebar di sejumlah titik di sekitar Sukhumvit Road. Semuanya ramah dan sejuk.




Ini merupakan pasar kecil yang menyediakan berbagai kuliner halal.

No Response to "Paduan Masjid di Pattaya"