Negara Asia yang Terpisah dari Dataran Benua

Asia merupakan benua yang terbesar di dunia. Bahkan, di benua ini pula terdapat lebih dari 2/3 wilayah Rusia yang dikenal sebagai Siberia. Ada pula Tiongkok serta India yang wilayahnya sangat luas. Namun, di balik luasnya dataran benua, ada beberapa negara yang secara geografis terpisah sepenuhnya dari dataran benua Asia. Walau terpisah secara geografis oleh lautan, namun secara administrasi mereka merupakan bagian dari keluarga 'besar' Asia.


Indonesia
Negeri dengan jumlah pulau yang tidak diketahui secara eksakta, namun diakui sebagai negara dengan jumlah pulau terbanyak di dunia, jika ingin menentang pengakuan ini maka hitung sendirilah. Indonesia merupakan negara Asia yang di luar dataran Asia dengan wilayah paling luas. Selain itu, negara ini juga memiliki keragaman alam dan budaya paling majemuk, minimal di lingkup Asia.

Singapura
Negara dengan wilayah yang sangat sempit, bahkan tidak melebihi Jawa Tengah. Namun Singapura harus diakui merupakan Singa Perekonomian Dunia karena kemampuan mereka mengembangkan sumber daya manusianya. Negara yang dulunya adalah bagian dari Malaysia ini berlokasi di tengah kepungan Kepulauan Riau milik Indonesia serta semenangjung Malaya milik Malaysia.

Brunei Darussalam
Tidak banyak sebuah pulau dimiliki oleh lebih dari satu negara. Jika pulau Irlandia dibagi oleh Britania Raya dan Irlandia, sedangkan Pulau Timor dibagi Indonesia dengan Timor Leste, pun Pulau Papua dibagi Indonesia dengan Papua Nugini, maka Pulau Kalimantan/Borneo justru merupakan pulau yang dimiliki oleh tiga negara, yaitu Indonesia, Malaysia, serta Brunei Darussalam. Ya, Brunei Darussalam merupakan negara yang secara wilayah sebetulnya sangat sempit di ujung Utara Pulau Kalimantan. Namun mereka menyandang sebagai salah satu negara paling makmur di dunia.

Filipina
Salah satu negara dengan corak budaya paling unik, yaitu gabungan dari Hispanik karena eks-jajahan Spanyol, Anglo-Saxon karena eks-jajahan USA, serta Tiongkok karena karena geografis yang dekat. Filipina juga memiliki kemiripan dengan Indonesia dari sisi jumlah pulau yang entah ada berapa.

Jepang
Satu-satunya negara yang berani menyerang Amerika Serikat di kandang lawan. Jika Indonesia pernah 'menghajar' Belanda, Inggris, hingga Jepang di wilayah Indonesia, pun Vietnam yang melumat Amerika Serikat di kawasan Vietnam, maka tidak demikian dengan Jepang, mereka mampu menantang Amerika dengan mengagresinya di pangkalan militer Amerika Serikat. Pun degan politik Asia Raya mereka yang sangat mercusuar di era 1940-an. Saat ini mereka berani memproklamasikan diri sebagai pemimpin Asia walaupun negara mereka tidak secara langsung berada di benua Asia. Kini Jepang menjelma sebagai pilar penting ekonomi global.

Sri Lanka
Sebetulnya negara ini memiliki peranan strategis bagi bangsa-bangsa di Asia-Afrika lantaran peranannya sebagai salah satu sponsor utama Konferensi Asia Afrika. Hanya saja kini negara ini meredup popularitas dan peranannya. Negara ini terletak di Tenggara negara India dengan 'kepungan' Samudera Hindia. Bahkan, dalam epos Ramayana, negara ini disebut sebagai salah satu wilayah yang diseberangi oleh Anoman saat ini mencari Dewi Shinta.

Maladewa
Frase 'dewa' di bagian belakang diduga berasal dari 'dvipa' yang dalam Bahasa Sansekerta berarti 'pulau'. Negara ini dikenal sebagai salah satu destinasi wisata yang romantis. Sebetulnya keberadaan Maladewa agak sulit dilacak di globe, bahkan perlu beberapa kali 'scroll' saat mengaksesnya via Google Maps. Barangkali itulah mengapa negara ini terancam tenggelam jika es di Antartika cair.

Bahrain
Nama negara ini kebetulan disebut dalam Al Qur'an, yaitu Surat Ar Rahman, hanya saja frase 'bahrain' di situ bermakna 'dua laut'. Ya, secara harfiah, Bahrain memang bermakna 'dua laut' dan menjadi satu-satunya negara di jazirah Arab yang dipisahkan oleh laut. Walau tidak segerlap Uni Emirat Arab dan Qatar, namun Bahrain juga mulai memperlihatkan kapabilitas perekonomian yang stabil, khususnya dari sektor perdagangan.

Timor Leste
Ya, negara ini memang statusnya mirip Turki, secara geografis termasuk Asia namun dari sisi kultur malah lebih terkait dengan luar Asia. Negara ii memang lebih dekat hubungan diplomatiknya dengan negara-negara di kawasan Pasifik. Walau demikian, histori sebagai negara yang dulunya adalah wilayah NKRI menjadikan negara ini kerap dikategorikan sebagai bagian dari Asia.

Catatan, Republik Tiongkok, Hongkong, Makau status kenegaraannya masih diperdebatkan

No Response to "Negara Asia yang Terpisah dari Dataran Benua"