Menimba lagi


Alhamdulillah Allah memudahkan jalankan menuju ke Pusdai di tengah lelah seharian berkelana bersama keluarga. Di sini suasana teduh, ya walau masih bercorak Bandung 'keterkinian' yang mendadak gerah. Rasanya sedih juga sih jarang hadir ke agenda semacam ini, semoga pertanda bahwa Allah masih memberi kesempatan insyaf.

Ilmu agama memang unik. Di dalam konteks agama, tidak ada istilahnya cakap secara lisan, namun juga pengalaman. Dan yang lebih menarik adalah sejauh mana dekatnya kita dengan Allah tercermin dari seberapa 'betah' dan 'fokus' kita di dalam majelis produktif seperti ini. Tampaknya saya perlu lebih konsisten dalam mengalokasikan waktu untuk menyehatkan nutrisi hati ini.

Tema yang digusung di agenda Muhasabah Akhir Tahun ini sebetulya relatif luas. Ada pemantik tentang peranan umat Islam oleh Pak Ahmad Heryawan. Ada pula renungan tentang akidah yang dipandu oleh K.H. Athian Ali Muhammad. Pun inspirasi untuk lebih membangun Islam oleh Prof. Hermawan K. Dipojono. Masing-masing menuangkan materi bernutrisi yang membantu kita menimba kembali saripati rohani dimana waktu yang bergulir bakal terus menguras energi kita.

No Response to "Menimba lagi"