Selanjutnya

3rd ICISS sudah usai pentasnya dua hari lalu. Hampir tiga bulan persiapan untuk dua hari? Tidak juga, bagaimana pun partisipasi di agenda ini memiliki efek yang jangka panjang. Naif jika menilai hasil dari ICISS hanya di dua hari tersebut. Selanjutnya?

Hmm... apa harus ada ''selanjutnya''
Barangkali jika hanya tidak berkecimpung di dunia akademik, tidak perlulah 'selanjutnya'. Hanya saja dengan rencana, sejauh ini lho ya, di dunia riset dan akademik, maka saya perlu membidik langkah selanjutnya bagaimana. Tentu bukan faktor memperpanjang CV, tapi memperluas pengetahuan yang tidak semuanya terpenuhi hanya dengan berselancar di internet. Bukan sekedar memenuhi poin tertentu, kebetulan malah saya belum dipatok target-target seperti itu. Jadi, orientasinya saat ini adalah memproduktifkan diri, mempertajamkan kemampuan berpikir, dan barangkali Allah menitipkan pintu S3 di kesempatan ini.

Selanjutnya ya...hmmm...
Terus terang saya belum menyediakan sehari khusus untuk menginventarisasi agenda-agenda seminasi ilmiah yang bisa dijadikan sebagai incaran tahun 2017 nanti. Namun dari cari-cari mengisi waktu luang yang nggak terlalu intens beberapa kabar ada sih. Mulai dari ICoICT di Malaka hasil kerja sama Telkom University dengan Multimedia University, ICSITech di Bandung yang digalakkan oleh UPI, ICIIBMS di Okinawa yang dihelat oleh OIST, DSAA di Tokyo gelaran Aoyama. Apakah ada kesempatan untuk hadir di agenda tersebut di atas ataupun agenda di luar tadi. Wallahualam.

No Response to "Selanjutnya"